Minggu, 13 Januari 2013

Beli Rumah



Rumah Mewah

Beli rumah adalah suatu peristiwa yang menyenangkan namun terkadang membingungkan dan melelahkan. Banyak hal yang harus anda pertimbangkan sebelumnya agar anda tidak menyesali ini di kemudian hari. Ketujuh tips dibawah ini dapat membantu untuk beli rumah. Semoga dapat menjadi pedoman anda dan bermanfaat.

1. Lokasi.

Lokasi sangat penting. Seberapa jauh anda benar-benar bersedia untuk berangkat ke tempat kerja anda? Seberapa baik adalah sekolah-sekolah terdekat dengan tempat tinggal anda, pusat perbelanjaan, transportasi umum, pusat kesehatan dan fasilitas umum lainnya? Apakah sebelah rumah baru anda terdapat sebidang tanah kosong atau properti lain yang komersial? Apakah yang akan terjadi (prospek kedepan baik atau buruk) dalam waktu yang anda tentukan, misalkan anda memilih kawasan rumah kumuh atau dekat dengan tempat pembuangan akhir, dapat menjadi hal yang sangat buruk jika anda berpikir akan menjual kembali rumah dalam beberapa tahun kedepan dengan rencana yang telah anda tentukan. Dapat dipastikan harga jual kembali akan sangat tidak sesuai dengan harapan anda.

2. Buatlah daftar atau catatan.

Apakah anda (dan pasangan anda, jika anda sudah menikah) benar-benar tahu apa yang anda butuhkan dan inginkan dalam rumah anda? anda dapat mencatat daftar rumah yang akan anda beli dengan bebrapa kategori. Misalkan dalam catatan anda anda memiliki 4 kategori sebagai listing yang akan anda catat seperti harus dimiliki, ingin dimiliki, kurang tertarik untuk dimiliki dan sangat tidak tertarik untuk dimiliki dan di masing-masing kategori tersebut, anda dapat menuliskan kriteria apa yang ada di dalamnya misalkan untuk kategori ingin di miliki anda membuat daftar kriteria seperti : 1.Aman , 2.Prospek baik 3.Naturalis dan lain-lain begitupun dengan kategori lainnya. Mengapa harus demikian? Karena tujuan anda adalah untuk menemukan rumah yang tepat untuk keluarga anda tanpa tertarik dengan salah satu yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Mulailah menyusun daftar keinginan anda dengan berpikir tentang apa yang anda suka dan tidak suka dari rumah yang anda miliki anda saat ini atau sebelumnya.

3. Kerjakan pekerjaan rumah anda.

Seringkali konsumen memiliki akses yang sangat terbatas akan informasi property seperti harga jual rumah terbaru, tren rumah terbaru, harga beli rumah terbaru, statistik lingkungan rumah dan proses beli rumah. Anda dapat menggunakan fasilitas tercanggih saat ini yaitu web surfing atau mencari informasi dengan mesin pencari di dunia maya. Sebagai referensi anda dapat menghubungi kami di rumahmewah.co.id.

4. Dapatkan pre approval untuk hipotek.

Menentukan harga rumah yang pas yang akan anda beli adalah dengan memperkiarakan hasil dari pendapatan rumah tangga anda, kemampuan kredit anda,jumlah suku bunga, jenis pinjaman yang anda pilih dan sejumlah uang tunai yang anda miliki saat akan membeli rumah yang siap untuk dijadikan uang muka dan biaya penutupan atau pelunasan. Daripada menebak atau memperkirakan berapa banyak anda mampu menghabiskan untuk dana untuk membeli rumah, tanyakanlah pada broker yang bersedia memberi pinjaman atau hipotek untuk memberikan penilaian penuh tentang harga rumah yang akan dibeli, lalu anda akan mendapat surat untuk menyatakan berapa banyak hal yang dapat anda penuhi dalam ketentuan dan syarat untuk meminjam.

5. Gunakan checklist.

Bekeliling mencari berbagai macam rumah adalah hal yang membingungkan bagi kebanyakan orang. Daripada mengandalkan memori, buatlah catatan yang berisi tentang rumah yang sudah atau akan anda kunjungi. Agar satu waktu anda dapat memilih atau membandingkan kembali apa yang ada dalam checklist anda, mungkin saja masih ada yang dapat anda sortir dari checklist anda itu.

6. Jangan memaksakan diri anda.

Beli rumah itu sangat melelahkan, terutama jika anda berangkat dari lokasi tempat asal anda yang begitu jauh dan ingin melihat rumah selusin dalam satu hari selama sebulan. Tidak ada gunanya menyiksa kaki anda. Targetkan bukan berapa banyak rumah yang akan anda cari dalam sebulan, melainkan seperti apa rumah yang akan anda cari. Karena anda adalah buyer bukan reseller.

7. Tenang dan sabar.

Memang, beli rumah adalah peristiwa yang dapat mengubah hidup anda di masa mendatang. Tapi anda harus sabar dalam memperhitungkan segalanya sebelum anda menyesal selain itu berburu rumah tidak layak membuat diri anda menjadi tertekan. Hematkan waktu ekspedisi anda untuk beli rumah dan sisakan untuk bersantai, tenangkan pikiran dan emosi dan simpan seluruh pengalaman beli rumah dalam perspektif anda sebelum anda kembali berekspedisi untuk beli rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Sentuhan Ini Bikin Rumah Makin Nyaman, Gak Mau ke Luar Rumah Lagi..

Bikin tenang, nyaman, sentosa deh..   Nyaman di rumah aja (Shutterstock/Prostock-studio) ...